Langsung ke konten utama

Kekongruenan

KEKONGRUENAN




   Kadang-kadang dua bilangan bulat, a dan b, mempunyai sisa yang sama jika dibagi dengan bilangan bulat positif m. Kita katakana bahwa a dan b kongruen dalam modulo m, dan yang dilambangkan sebagai

               a ≡ b (mod m)
(notasi “≡” dibaca “ kongruen “)

Jika a tidak kongruen dengan b dalam modulus m, maka ditulis

               a ≡/ b (mod m)


Misalnya 38 mod 5 = 3 dan 13 mod 5 = 3, maka 38 ≡ 13 (mod 5). Defenisi formal dari kekongruenan dinyatakan sebagai berikut :
“Misalkan a dan b adalah bilangan bulat dan m adalah bilangan > 0, maka a ≡ b (mod m) jika m habis membagi a – b. “

Contoh :
   Bilangan 38 kongruen dengan 13 modulo 5 karna 5 membagi 38 – 13 = 25, sehingga dapat kita tulis bahwa 38 ≡ 13 (mod 5 ). Tetapi, 41 tidak kongruen dengan 30 modulo 5 karna 5 tidak habis membagi 41 – 30 = 11, sehingga dapat kita tulis 41  ≡/ 30 (mod 5).

   17 ≡ 2 (mod 3)                        (3 habis membagi 17 – 2 = 15  15 ÷ 3 = 5)
   -7  ≡ 15 (mod 11)                    (11 habis membagi -7 -15 = -22)  → -22 ÷ 11 = 2)
   12 ≡/ 2 (mod 7)                       (7 tidak habis membagi 12 – 2 = 10)
   -7 ≡/ 15 (mod 3)                      ( 3 tidak habis membagi -7 – 15 = -22)

Kekongruenan a ≡ b (mod m) dapat pula dituliskan dalam hubungan

               a = b + km

Yang dalam hal ini sembarang k adalah bilangan bulat . pembuktiannya adalah sebagai berikut : menurut defenisi formal,  a ≡ b (mod m) jika m | (a – b).
A.    Teorema Kekongruenan

1.      Teorema 1
               “ misalkan m adalah bilangan bulat positif.
1.      Jika a ≡ b (mod m) dan c adalah sembarang bilangan bulat maka
(i)                 (a + c) ≡ (b + c) (mod m)
(ii)               ac ≡ bc (mod m)
(iii)             ap ≡ bp (mod m) untuk suatu bilangan bulat tak negatip p.
2.      Jika a ≡ b (mod m) dan c ≡ d (mod m), maka
(i)                 (a + c) ≡ (b + d) (mod m)
(ii)               ac ≡ bd (mod m)

Bukti :
Hanya diperlihatka untuk 1(ii) dan 2(i) saja. Bukti untuk 1(i), 1(iii), 2(ii) diserahkan sebagai latihan bagi pembaca.

   1(ii)      a ≡ b (mod m) berarti :
                      a = b + km
 a – b = km
 (a – b) c = ckm                     (kedua ruas dikalikan dengan c)
  ac = bc + Km                       (dalam hal ini K = kc)
  ac ≡ bc (mod m)

2(i)      a ≡ b (mod m)     a = b + k1m
c ≡ d (mod m)     c = d + k2m +
  (a + b) = (b + d) + (k1 +k2)m
  (a + c) = (b + d) + km (dalam hal ini, k = k1 +k2)
  (a + c) = (b + d) (mod m)  

Contoh :
    Misalkan 17 ≡ 2 (mod 3) dan 10 ≡ 4 (mod 3), maka menurut teorema 1,
17 + 5 = 2 + 5 (mod 3)          22 = 7 (mod 3)            (Teorema 1. 1(i))
17 . 5 = 5 . 2 (mod 3)                       85 = 10 (mod 3)          (Teorema 1. 1(ii))
17 + 10 = 2 + 4 (mod 3)                    27 = 6  (mod 3)           (Teorema 1. 2(i))
17     10 = 2 . 4 (mod 3)                170 = 8 (mod 3)          (Teorema 1. 2(ii))


   Perhatikan bahwa teorema 1 tidak memasukkan operasi pembagian pada aritmatika modulo karna jika kedua ruas dibagi dengan bilangan bulat, maka kekongruenan tidak selalu dipenuhi. Misalnya :
(i)                 10 ≡ 4 (mod 3) dapat dibagi menjadi 2 karena 10/2 = 5 dan 4/2 = 2, dan 5 ≡ 2

14 ≡ 8 (mod 6) tidak dapat dibagi menjadi 2, karena 14/2 = 7 dan 8/2 = 4, tetapi 7 ≡/4 (mod 6).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengembangan media pembelajaran

P E N G E M BA N G AN M EDIA P E M BELAJ A R AN 1.         P e n g er tian M e d ia P e m b e laja r an K a ta media b e r a s a l d a ri b a h a sa latin y a i t u ja m a k d a ri k a ta m e dium y a n g s eca r a h a r f i a h b e rarti p e r a nt a ra a tau p e n g a nta r . Media a d a lah p e r a nta r a a tau p e ng a ntar p e s a n d a ri p e n g irim ke p e n e rima p e s a n (Sadiman, 2002: 6 ) . S ec a ra umum media p e mbel a ja r a n d a lam p e ndid i k a n di s e but medi a , y a i t u b e rbag a i jenis komponen d a lam l i n g k u n g a n si s wa y a n g d a p a t me ra n g s a n g n y a untuk b e rpikir, menu r ut G a g ne ( d a lam S a di m a n, 2002: 6 ) . S e d a n g k a n menu r ut B r i g s (d a lam S a di m a n, 2002: 6) media a d a lah s e g a la a l a t fisik y a n g d a p a t me n y a j i k a n p e s a n s e rta me ra n g s a n g si s wa untuk b e laj...

Cara mudah mencintai matematika

CARA MUDAH BELAJAR MENCINTAI MATEMATIKA                Matematika merupakan pelajaran yang paling ditakuti oleh kebanyakan orang. Hal ini membuat pelajaran yang satu ini dibenci oleh banyak orang. Padahal pelajaran ini benar benar berguna bagi kehidupant kita sehari hari, bahkan bagi orang biasa sekalipun. Para pedagang, tukang Las, tukang bangunan bahkan tukang parkir pun butuh matematika untuk menghitung uang recehan yang ia dapatkan dari pengendara yang memarkirkan kendaraannya. Matematika adalah kunci dari semua pelajaran sains, baik itu Fisika, Ekonomi, Akuntansi dan Kimia karena pelajaran tersebut tidak akan dapat kita pahami tanpa mempelajari terlebih dahulu dasarnya yaitu matematika. Namun yang jadi permasalahan sekarang adalah, bagaimana cara belajar yang baik agar kita dapat menguasai ilmu matematika ini? Harus diingat bahwa tidak cara mudah untuk menguasai matematika ini. Yang ada adalah Cara yang benar dalam belajar matemati...